Environmental Literacy (Sikap dan Tindakan) Pengelolaan Sampah dan Penghijauan Siswa SMA Adiwiyata dan Non-Adiwiyata
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan dan tingkat literasi lingkungan (sikap dan tindakan)
siswa adiwiyata dan non-adiwiyata pada pengelolaan sampah dan penghijauan. Jenis penelitian adalah
penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah adiwiyata (SMA N 1 Pengasih dan MAN 2
Wates) dan dua sekolah non-adiwiyata (SMA N 1 Girimulyo dan SMA N 1 Wates) sebanyak 198 sampel secara random sampling dari 404 populasi. Para siswa diberikan 20 soal kuesioner yang terdiri dari dua
bagian. Bagian A mengukur sikap, bagian B mengukur tindakan terhadap lingkungan. Data kemudian
dianalisis secara statistik menggunakan statistik deskriptif dan Independent-T Sample test. Hasil uji
Independent-T Sample test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan sikap dan tindakan lingkungan siswa
antara sekolah adiwiyata dan non-adiwiyata (Sig.> 0,05).Sementara itu,tingkat literasi lingkungan antara
siswa adiwiyata dan non-adiwiyata pada aspek sikap dan tindakan berada pada kategori tingkatan yang sama.
Sama-sama memiliki tingkat sikap lingkungan yang tinggi dan tingkat tindakan lingkungan yang sedang.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Ratri Wulandari, Eka Sulistiyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.