Pengembangan Modul Fisika Berbasis Saintifik untuk Siswa SMA/MA Kelas XI pada Materi Teori Kinetik Gas

Authors

  • Elliza Efina Rahmawati Putri
  • S Sukarmin
  • C Cari

Abstract

Siswa kelas XI memiliki kesulitan dalam mempelajarimateri teori kinetik gas karena sifatnyacukup abstrak. Agar siswa lebih mudah dalam memahami teori kinetik gas, diperlukan bahan ajar yang tepat dan sesuai dengan perkembangan berpikir siswa serta sejalan dengan penerapan kurikulum 2013. Salah satu bahan ajar yang dikembangkan sebagai solusi yaitu modul. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul fisika berbasis saintifik pada materi teori kinetik gas, (2) mengetahui kelayakan modul fisika berbasis saintifik, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap modul fisika berbasis saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi dari perangkat pengembangan model 4-D. Tahap pengembangan dibatasi hingga Develop. Penelitian ini dilakukan di MAN Yogyakarta I. Instrumen pengumpulan data antara lain lembar observasi;lembar pedoman wawancara guru dan siswa; angket pengungkap kebutuhan guru dan siswa; lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru fisika, dan peer reviewer; dan angket respon siswa untuk uji terbatas serta uji luas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif deskriptif. Berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, modul fisika memiliki kualitas sangat baik dengan persentase berturut-turut 80,77%, 91,18%, dan 85,00%. Validasi oleh seorang guru fisika dan dua orangpeer reviewer menunjukkan bahwa modul fisika berkualitas sangat baik dengan persentase berturut-turut 89,00%, 86,11%, dan 92,59%. Kelayakan modul fisika dihitung berdasarkan nilai persentase rata-rata yang lebih besar daricut off score. Persentase rata-rata seluruh validator sebesar 87,44%, sementara cut off score sebesar 86,68%, sehingga modul fisika ini layak untuk dikembangkan.Respon siswa menunjukkan bahwa modul fisika dikategorikan
baik pada uji terbatas dan sangat baik pada uji luas. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) pengembangan modul fisika pada materi teori kinetik gas adalah modul yang dikembangkan berdasarkan komponen
pembelajaran berbasis saintifik, (2) modul dikategorikan layak, dan (3) respon siswa pada modul dikategorikan baik dan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-05-20