Efektifitas Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Sistem Gerak Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema sistem gerak manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode trueexperimentaldesign bentukposttest-onlycontroldesign. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2015/2016. Hasil belajar IPA diukur melaluiposttest.Analisis uji yang digunakan adalah uji-t independent samples test.hasil penelitian menunjukkan 77,61% siswa kelas eksperimen yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 76, sedangkan kelas kontrol hanya 67,38%. Kemudian hasil uji-t Independent Samples Test menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai taraf siginikansinya (0,002< 0,005). Sehingga modul IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Selain itu, modul IPA juga efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dengan kategori sangat baik dan sikap siswa dengan kategori sangat baik. Jadi modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema sistem gerak manusiaefektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Tri Wiyoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.