Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Peer Lessons Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran menggunakan strategi peer lessons pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan observasi baik lembar penilaian maupun catatan lapangan, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriftif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data dari hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III dengan mencari rata-rata hasil belajar dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari kognitif (81,15>71,7>64,9) maupun afektif (21,65>18,65>17,075). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi peer lesson dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Ima Aryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.