Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru IPA SMP Negeri Se-Jatisrono
Abstract
Guru sebagai figur sentral dalam proses pendidikan merupakan komponen utama yang menentukan keberhasilan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan PedagogicalContent Knowledge(PCK) Guru IPA SMP Negeri se-Jatisrono dalam menyusun RPP Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 guru IPA di SMP Negeri se- Jatisrono dengan sampel 15 guru IPA. Hasil identifikasi RPP menunjukkan bahwa sub aspek kesesuaian strategi dengan jenjang peserta didik, sub aspek kesesuaian strategi dengan kondisi lingkungan sekolah dan kesesuaian media dengan kondisi lingkungan sekolah termasuk sangat baik (100%), sedangkan sub aspek kesesuaian materi dengan kurikulum termasuk cukup (46,7%). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan PCK guru IPA SMP Negeri se-Jatisrono termasuk sangat baik (80,5%).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Miftah Arifah, H Hariyatmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.