Peningkatan Motivasi Belajar Fisika dengan Metode Hypnoteaching pada Siswa SMA
Abstract
Kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran Student Center Learning (SCL) termasuk pada pembelajaran fisika. Pembelajaran berbasis SCL menuntut partisipasi aktif dari siswa yang dipengaruhi oleh tinggi rendahnya motivasi belajar. Penulisan makalah ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada mata pelajaran fisika. Cara belajar siswa yang hanya didorong oleh tuntutan menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa. Dalam mengerjakan tugasnya siswa cenderung mengandalkan atau meminta bantuan kepada pihak luar. Penulisan makalah ini berdasarkan pada pengkajian berbagai sumber yang sudah valid. Makalah ini membahas peranan metode hypnoteaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA terhadap mata pelajaran Fisika. Hypnoteaching merupakan cara mengajar yang unik, kreatif dan imajinatif. Sebelum proses belajar mengajar berlangsung siswa dikondisikan untuk siap belajar. Metode Hypnoteaching mengutamakan kondisi psikologis siswa serta suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fisika.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Janantika Pramuditya Pangesti, Dwi Anggara Kusuma Dewi, Fajar Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.