Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Metakognisi Siswa Melalui Bahan Ajar Berbasis Konstruktivis-Metakognitif

Authors

  • Niken Dwi Hapsari
  • Ari Widodo

Abstract

Rendahnya level kecapakan sains kemampuan peserta didik Indonesia menurut PISA tahun 2015, memerlukan adanya suatu wahana yang dapat mendukung proses pembelajaran, salah satunya melalui bahan ajar. Bahan ajar yang menarik dan berpotensi memberdayakan pengetahuan dan keterampilan metakognisi siswa salah satunya adalah bahan ajar yang berorientasi pada pembelajaran konstruktivis-metakogitif. Dimana siswa dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya dan siswa dapat melatih kemampuan metakognisi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas bahan ajar berbasis konstruktivis-metakognitif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan metakognisi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental design dengan pre-test and post-test control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA, dengan sampel sebanyak 2 kelas, yaitu XI IPA 1 (Kelas Kontrol) dan XI IPA 2 (Kelas Eksperimen) yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Perlakuan pada kelompok eksperimen adalah pembelajaran yang menggunakan bahan ajar berbasis konstruktivis-metakognitif, sedangkan kelompok kontrol menggunakan buku sekolah elektronik (BSE) materi sistem reproduksi manusia. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esay pengetahuan dan keterampilan metakognisi dan angket kesadaran metakognisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata pretest pada kelas kontrol adalah 42,60 sedangkan pada kelas eksperimen 54,61. Setelah diberikan perlakuan menggunakan bahan ajar berbasis konstruktivis-metakognitif pada kelas eksperimen diperoleh rerata posttest 79,38 sedangkan pada kelas kontrol 60,96. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rerata NGain pada kelas kontrol 0.31 kategori rendah dan pada kelas eksperimen 0.57 kategori sedang. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang berbeda signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis konstruktivis-metakognitif efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan metakognisi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-05-21