Pengaruh Model Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Valent Sari Danisa
  • Sri Dwiastuti
  • S Suciati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu. Desain penelitian adalah posttest only control design dengan menggunakan model guided inquiry pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel penelitian ini terdapat dua kelas, yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai sig sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-05-21