Mind Map sebagai Model Pembelajaran Menilai Penguasaan Konsep dan Alat Evaluasi Menilai Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Abstract
Mind map atau peta pikiran merupakan teknik pencatatan yang dikembangkan pada tahun 1970-an oleh Tony Buzan. Mind map mengembangkan suatu teknik mencatat yang didasari oleh teori kerja otak sebelah kanan dan sebelah kiri untuk memahami, mengatur, mengorganisasi dan menyimpan informasi. Dalam penelitian ini, Mind Map digunakan sebagai model pembelajaran dan rubrik evaluasi. Penelitian ini menganalisis pengaruh dari model pembelajaran Mind Map terhadap penguasaan konsep dengan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui thitung (2,1865) > ttabel (2,113). Selain itu, juga menganalisis pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap evaluasi pembuatan Mind Map oleh siswa untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Hasil analisis rubrik selama tiga kali pertemuan menunjukkan bahwa pembuatan Mind Map secara rutin meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan pengolahan data secara kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan rubrik penilaian mind map.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Lukita Octavia Lukman Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.