Penggunaan Peta Pikira (Mind Mapping) sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study
Abstract
Kehidupan masa depan menuntut peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan hidup abad 21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan tersebut dibutuhkan untuk menghadapi berbagai masalah kehidupan dengan cara-cara yang unik dan orisinil. Salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan ini adalah dengan menyisipkannya dalam pembelajaran. Peta pikiran atau yang dikenal dengan Mind mapping adalah salah satu teknik belajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas yang merupakan hasil olah pikir kreatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson study diterapkan dengan tujuan meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah Metodologi Penelitian semester ganjil 2015/2016 melalui penggunaan teknik mencatat Mind mapping. Kriteria penilaian yang digunakan dalam pembuatan Mind Map ini adalah kata kunci, tingkat cabang, desain warna, penggunaan simbol atau gambar, serta kelengkapan materi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari tahapan plan, do, dan see. Analisis data dilakukan dengan memperhatikan pertumbuhan nilai hasil pembuatan Mind Map dari sebelum tindakan, setelah siklus I dan setelah siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan kemampuan pembuatan Mind Map mahasiswa, yaitu dari rerata 62% sebelum tindakan menjadi 72, 2% pada akhir siklus I dan 85,6% pada akhir siklus II. Kegiatan Lesson Study terlaksana dengan baik yaitu dengan rerata keterlaksanaan tahap plan adalah 94%, tahap do adalah 93% tahap see adalah 100%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Fatimah Nurmala Sari, Herawati Susilo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.