Pembuatan Permainan Ular Tangga Fisika sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa SMP
Abstract
Fenomena pemanasan global merupakan isu lingkungan yang sampai saat ini masih menjadi pokok permasalahan seluruh negara di dunia. Dalam proses mengurangi dampak pemanasan global, pemerintah Indonesia memasukkan isu ini dalam kurikulum pendidikan sekolah menengah sebagai salah satu kompetensi dasar. Tujuan pembuatan pengembangan media pembelajaran iniadalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif berupa permainan ular tangga fisika pada materi pemanasan global untuk siswa SMP kelas VII semester 2, sehingga siswa lebih antusias dan dapat memahami materi dengan mudah. Prosedur pembuatan media pembelajaran permainan ular tangga fisika terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) pembuatan peta konsep, (2) pembuatan peta kompetensi, (3) pembuatan desain papan ular tangga, (4) pembuatan papan ular tangga, (5) pembuatan dadu, (6) pembuatan pion, (7) pembuatan kartu pertanyaan, (8) pembuatan kartu bonus, (9) pembuatan kartu hukuman, (10) pembuatan peraturan permainan dan penskoran. Pembuatan desain papan ular tangga, kartu pertanyaan, kartu bonus dan kartu hukuman menggunakan software CorelDRAW X7. Pembuatan peta konsep dan peta kompetensi menggunakan software Microsoft Word didasarkan pada kurikulum 2013. Pembuatan pion dan dadu dibuat secara manual. Desain papan ular tangga ukuran 30 x 30 cm dan dicetak dengan menggunakan art paper. Papan ular tangga berukuran 30 x 30 cm dibuat menggunakan kayu LDR yang ramah lingkungan. Hasil pembuatan pengembangan media pembelajaran ini adalah permainan ular tangga fisika sebagai media pembelajaran fisika pada materi pemanasan global untuk siswa kelas VII semester 2. Implikasi dari penerapan media ini dalam pembelajaran adalah siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif mengurangi dampak pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Sekar Tani, Fatma Roudhotul Rafida Kolis, Siti Khoirunika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.