Analisis Kebutuhan Buku Ajar berdasarkan Model Pengembangan Borg And Gall untuk Matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata pada Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jember
Abstract
Matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata merupakan matakuliah yang membahas mengenai sistem pengelompokan hewan berdasarkan karakteristik morfologi, biokimia, tingkah laku, ekologi, dsb. Salah satu kajian penting dalam matakuliah ini adalah filogeni yang mempelajari hubungan kekerabatan antar makhluk hidup. Seiring berkembangnya teknologi, pendekatan nyang digunakan pada matakuliah ini adalah analisis hubungan kekerabatan makhluk hidup berdasarkan data molekular.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan buku ajar pada matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata pada konsep pendekatan molekular untuk merekonstruksi taksonomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan merujuk tahapan research and information collecting pada model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 96,6% mahasiswa belum pernah menggunakan buku ajar berbasis penelitian yang merujuk pada pendekatan molekular, 93,7% mahasiswa belum mengenal dengan baik mengenai pendekatan molekular untuk merekonstruksi filogeni organisme dan 90,3% mahasiswa memiliki konsep yang salah mengenai hasil filogeni pendekatan molekular. analisis kebutuhan buku ajar juga menunjukkan bahwa tidak ada buku ajar yan gmembahas mengenai pendekatan molekular pada matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Haqqi Anajili Setyanto, Mohammad Amin, Umie Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.