Pembelajaran Berbasis Proyek Tentang Pencemaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek tentang pencemaran dalam meningkatan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah weak experiment dengan desain penelitian The One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah AL IRFAN Tanjungsari Sumedang. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X- Mia Madrasah Aliyah AL IRFAN Tanjungsari Sumedang. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes berupa soal pilihan ganda dan uraian. Tes terdiri dari tes pemahaman konsep, tes kemampuan berfikir kreatif, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data pretest dapat disimpukan bahwa 1) kemampuan pemahaman konsep siswa baru mencapai 68,85% (Tinggi) ; 2) kemampuan berfikir kreatif siswa baru mencapai 62,5 % (Tinggi) ; 3) kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai 40% (rendah) ; 4) pembelajaran tertentu harus diterapkan agar dapat meningkakan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Tuti Ismawati, Taufik Rahman, Mimin Nurjhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.