Pengembangan Blended Learning di Pendidikan Biologi FKIP UMS: Prospek dan Tantangannya
Abstract
Keterampilan abad-21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat hidup layak di abad-21. Salah satu keterampilan abad-21 adalah penguasaan Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK). Implikasi strategis TIK di dunia pendidikan adalah pada proses pembelajaran baik sebagai wahana maupun model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi-kan peluang pengembangan blended learning sebagai salah satu implementasi TIK dalam pem-belajaran di Pendidikan Biologi FKIP UMS. Penelitian survey dilakukan terhadap mahasiswa Pendidikan Biologi UMS sebanyak 116 mahasiswa. Analisis dilakukan secara deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sesungguhnya baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa blended learning (BL) berpotensi untuk dikembangkan di Pendidikan Biologi FKIP UMS. Pengembangan BL didukung oleh kondisi bahwa sebagian besar mahasiswa sudah terbiasa berinteraksi dengan internet khususnya dalam penggunaan media sosial serta sebagian mata kuliah sudah memanfaatkan internet sebagai wahana perkuliahan. Tantangan yang dihadapi dalam rangka pengembangan ini adalah penyediaan server yang memadai serta penguasaan teknis bagi dosen.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Bowo Sugiharto, Duran Corebima Aloysius, Herawati Susilo, I Ibrohim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.