Mengoptimalkan Respon Siswa dan Sikap Peduli Lingkungan dengan Pendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) Pada Pembelajaran Plantae
Abstract
Salah satu cara untuk menerapkan pendidikan yang berkarakter adalah melalui integrasi pada sistem pembelajaran. Salah satunya dengan pendekatan JAS. Pendekatan JAS untuk mengoptimalkan respon siswa dan sikap peduli lingkungan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Bangkalan pada bulan Januari-Februari 2018. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X-MIA 4 yang berjumlah 35 siswa dengan teknik sampling Non-Probability Sampling. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest desaign. variabel bebas pada penelitian ini adalah pendekatan JAS pada materi plantae sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah respon siswa dan sikap peduli lingkungan. Respon siswa dihasilkan pada pembelajaran plantae sebelum diberikan perlakuan dengan pendekatan JAS yaitu memiliki rata-rata 59,02. Sedangkan rata-rata respon siswa setelah diberikan pendekatan JAS yaitu 88,17. Sehingga nilai Ngain yang didapat 0,71 masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan, rata-rata sikap peduli lingkungan siswa memiliki rerata 82,57% hal tersebut termasuk dalam kategori tinggi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Iffatur Rizqiyah, S Suniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.