Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio 7 sebagai Media Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton
Abstract
Kegiatan pembelajaran di sekolah sebenarnya tidak hanya mendengarkan guru mengajar apa saja yang ada di dalam buku, tetapi dalam pembelajaran juga bisa dimasukkan mengenai pengalaman dalam belajar itu sendiri, sehingga lebih memahami materi. Pengalaman langsung dalam pembelajaran bisa dimunculkan dengan melakukan kegiatan praktikum ataupun pengamatan. Salah satu kendala dari pengadaan praktikum atau pengamatan adalah penggunaan waktu yang menyita, bisa juga karena keterbatasan tempat atau jangkauan pengamatan. Untuk materi Hukum Newton cukup banyak juga contoh di dalam kehidupan sehari-hari. Jika melakukan pengamatan langsung dalam proses pembelajaran akan dirasa bisa menyita waktu. Hal itu dapat diatasi dengan menunjukkan video mengenai berbagai contoh aplikasi penggunaan Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. Media video merupakan salah satu alternatif dari media pembelajaran yang bisa digunakan dalam mengajar.Salah satu program untuk mengolah video itu adalah Camtasia Studio 7. Dimana dengan penggunaan program ini kita bisa membuat video presentasi yang ada pada layar (screen) komputer. Dengan menggunakan slide presentasi dan mengubahnya dalam bentuk video dengan menyisipkan beberapa video ataupun gambar bisa memudahkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Dengan pembuatan media pembelajaran Fisika menggunakan video ini diharapkan dapat membuat suasana dalam pembelajaran Fisika menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu, dengan melihat video pembelajaran ini dapat menambah motivasi siswa untuk lebih semangat belajar Fisika. Mengubah anggapan siswa tentang Fisika itu sulit menjadi berubah bahwa sebenarnya Fisika itu ada di sekitar kehidupan kita dan mudah dipelajari.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Evi Sulis Setyorini, Isna Tiyaswati, Lisa Faradilla, Rinta Dian Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.