Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Terhadap Pola Makan Siswa Kelas VIII Di SMP Widya Wacana 1 Surakarta
Abstract
Edukasi gizi merupakan metode pengajaran untuk memberikan pengetahuan mengenai zat gizi terkandung di dalam suatu makananbeserta pola makan yang benar. Edukasi gizi sangat diperlukan bagi anak sekolah yang rentan memiliki pola makan buruk sehingga dapat menyebabkan resiko obesitas serta beberapa resiko penyakit lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan mengenai pola makan yang benar pada siswa kelas VIII di SMP Widya Wacana 1 Surakarta. Jumlah responden yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 68 responden yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas edukasi dan kelas non edukasi. Kelas edukasi dan kelas non edukasi masing-masing berjumlah 34 responden. Kriteria responden yang digunakan yaitu siswa-siswi kelas VIII dengan rentang usia antara 13-15 tahun. Tahapan pelaksanaan intervensi meliputi pengambilan data awal berupa pre-test, kemudian dilakukan pemberian edukasi gizi selama 4x, lalu 2 bulan kemudian dilakukan pengambilan data akhir berupa post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian edukasi gizi pada siswa siswi kelas VIII di SMP Widya Wacana 1 Surakarta secara umum kurang dapat memberikan pengaruh dan tidak membuat responden berubah pendapat untuk mengurangi mengkonsumsi junk food. Alasan responden mengkonsumsi junk food adalah karena para responden suka, serta junk food memiliki rasa yang enak dan disajikan dalam waktu yang cepat, selain itu juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah ditemukan. Responden pada kelas non edukasi menilai bahwa mengkonsumsi junk food bisa memperbaiki mood mereka.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Agnes Maria, Akhmad Mustofa, Yannie Asrie Widanti, Nanik Suhartatik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.