Analisis Ketercukupan Perencanaan Pembelajaran Guru Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 Dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Pernapasan
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi penting untuk menguasai materi sistem pernapasan. Salah satu bentuk adaptasi guru terhadap materi tersebut adalah guru harus memiliki kemampuan dalam merencanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ketercukupan perencanaan pembelajaran guru sesuai tuntutan kurikulum 2013 dan ketercukupan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan. Data kesesuaian kurikulum 2013 dipeoleh dari penilaian rencana pembelajaran (RPP) guru dan wawancara, data kemampuan berpkiri kritis diperoleh dari observasi dan wawancara Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketercukupan perencanaan pembelajarn guru sesuai tuntutan dengan kurikulum 2013 sebesar 75% dengan kriteria baik, ketercukupan kemampuan berpikir kritis sebasar 67,6% dengan kriteria sedang. Dengan demikian ketercukupan RPP guru materi sistem pernapasan terhadap kurikulum 2013 adalah baik dan ketercukupan kemampuan berpikir RPP guru materi sistem pernapasan adalah sedang.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dwi Astuti, Mohammad Masykuri, M Maridi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.