Pendidikan Biodiversitas Berbasis Potensi Lokal pada Tingkat SMA/MA
Abstract
Sebagai negara yang dinobatkan sebagai kawasan megabiodiversitas, Indonesia memiliki peluang dan tantangan untuk memberikan pendidikan biodiversitas sebagai salah satu upaya konservasi dan perlindungan terhadap kekayaan hayati Indonesia. Dalam materi Biologi, misalnya, materi keanekaragaman hayati menjadi upaya penting untuk memperkenalkan biodiversitas Indonesia dan konservasinya. Pendidikan biodiversitas di jenjang formal sangat terikat dengan standar proses yang tertera dalam kurikulum. Apabila melihat pada esensi Kompetensi Dasar pendidikan materi keanekaragaman hayati mengandung makna yang mendalam yaitu sebuah upaya penyelamatan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Paper ini berupaya untuk menganalisis peluang dan tantangan untuk pendidikan biodiversitas di Indonesia, dilihat dari kebijakan kurikulum, potensi lokal yang ada dan sarana dan sarana yang tersedia di sekolah serta kondisi kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan ini. Dengan melihat pada hasil survey terbatas pada kasus biodiversitas orang utan dan kupu-kupu, penelitian ini mengungkap pentingnya potensi lokal dalam pendidikan biodiversitas, kesesuaian tema bidiversitas dengan kurikulum, dan kesiapan sekolah dalam implementasinya.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Bella Pratiwi Kurnia Pratama, Raafi Nur Ali, Eka Sulistiyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.