Pengaruh Personalisasi dan Promosi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Belanja Bahan Makanan Online: Studi pada Alfamart
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu guna menguji pengaruh antara variabel upaya kognitif yang dirasakan, Rekomendasi produk yang dipersonalisasi, Promosi harga yang dipersonalisasi, berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Alfamart. Kuesioner ini dibagikan kepada 80 responden yang merupakan pelanggan ritel Alfamart. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square, yang melibatkan evaluasi outer model dan inner model, yang dibantu perangkat lunak SmartPLS versi 4. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Promosi harga dan Personalisasi produk memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Kepuasan konsumen. Namun, variabel Upaya kognitif memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap Kepuasan konsumen.