Peran E-Commerce dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM
Abstract
Perkembangan UMKM merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan sektor perekonomian Indonesia. Pemanfaatan ecommerce perlu dirasakan oleh pelaku UMKM untuk melakukan pemasaran dan promosi yang secara luas. Sehingga perlunya strategi pemasaran bagi pelaku UMKM untuk menjangkau berbagai segmen konsumen secara luas. Menggunakan sistem ecommerce merupakan pilihan bagi pelaku UMKM untuk bisa melakukan promosi, penjualan dan distribusi dengan cepat. Meskipun potensi UMKM ini besar, masih ada juga pelaku UMKM yang tidak memanfaatakan e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pelaku UMKM sudah tergabung dalam sistem e-commerce untuk mewujudkan sistem distribusi pemasaran baru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dan metode yang digunakan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi yang meningkat berupa e-commerce merupakan salah satu upaya bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan pendapatan yang maksimal dengan proses promosi melalui sistem e-commerce. Pelaku UMKM perlu meningkatkan keterampilan dalam berinternet dan perlunya kolaborasi dengan pemerintah serta perusahaan teknologi informasi untuk meningkatkan daya saing dalam UMKM.