Analisis Pengaruh Daya Tarik Fisik Influencer pada Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Pembelian Suatu Produk
Abstract
Tujuan dalam melalukakn penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari daya tarik fisik influencer dengan kepercayaan masyarakat terhadap minat pembelian suatu produk. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik PLS-SEM Smart PLS 4. Signifikasi PLS-SEM diambil pada <0,10. Data primer adalah data yang digunakan dan diperoleh dari hasil kuesioner melalui google form. Masyarakat umum yang menggunakan sosial media terkhusus instragram serta memiliki minat pembelian pada suatu produk merupakan sampel dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik fisik berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen untuk meningkatkan minat pembelian pada suatu produk. Faktor kepercayaan dalam membeli suatu produk dipengaruhi oleh daya tarik fisik yang dimiliki oleh influencer dan faktor daya tarik fisik ini diperkuat dengan kehadiran faktor mediasi yaitu faktor niat pembelian pada suatu produk. Semakin menarik daya tarik fisik yang ditampilkan influencer di sosial media khususnya instagram, maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk tersebut.