Penerapan Manajemen Operasional di Era Digital dan Perkembangan E-Commerce
Abstract
Di era globalisasi saat ini, manajemen operasional terus menjadi topik dan penelitian yang menarik bagi para akademisi dan profesional industri baik manufaktur maupun industrialisasi. Hal ini penting mengingat aspek manajemen operasi inilah yang menggerakkan bisnis. Oleh karena itu, jika suatu perusahaan tidak memiliki sistem manajemen operasi yang baik dan terkelola dengan baik, maka besar kemungkinan bisnis tersebut akan berhenti. Proses transisi bisnis dari tradisional ke digital membuat perusahaan memikirkan langkah-langkah strategis agar proses bisnis yang ada dapat berkelanjutan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di bidang pemasaran yang mengubah cara kerja dari cara tradisional ke teknologi digital melalui pemanfaatan e-commerce. Pesatnya pertumbuhan pengguna internet pada tahun 2017 sebesar 143,26 juta juga menjadi faktor penting dalam mengubah perilaku pembelian masyarakat secara lebih dinamis, dengan konsumen menginginkan pengiriman produk yang lebih cepat dan hasil yang lebih baik.