Peran Green Supplier sebagai Mediator Green Product Innovation terhadap Dampak Keungulan Diferensiasi Marketing pada Industri Manufaktur Skala Kecil di Kota Surakarta
Abstract
Di era modern saat ini, lingkungan semakin tidak berdaya menghadapi kerusakan yang diakibatkan oleh manusia, semakin besar hingga perusahaan manufaktur kecil kurang memperhatikan siklus daur ulang limbah yang mereka hasilkan. Dengan demikian kerusakan lingkungan tidak dapat dihindari, dan penelitian yang dilakukan bertujuan dalam analisis pengaruh Green Product Innovation serta Green Supplier terhadap Differentiation Excellence pada Perusahaan Manufaktur Kecil. Teknik penelitian menggunakan adalah kuantitatif, metode angket digunakan dalam penelitian ini dan sampel berjumlah 48 pengusaha kecil menengah. Analisis dalam penelitian ini dibantu oleh SmartPLS 4.0. Hasilnya, Green Product Innovation memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keunggulan diferensiasi, kedua green supplier juga memiliki pengaruh positif terhadap keunggulan diferensiasi, ketiga, berbagai informasi berpengaruh terhadap keunggulan diferensiasi. Penelitian ini berfokus pada industri manufaktur berskala kecil di Kota Surakarta.