Analisis Pengaruh Digital Marketing terhadap Volume Penjualan yang Dimediasi oleh Kualitas Intellectual Capital (Studi Empiris UMKM Sektor Ekonomi Kreatif di Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah)

Authors

  • Arief Surya Adhi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Abstract

Saat ini, seluruh dunia berada pada masa baru yang memaksa setiap industri kreatif beradaptasi dengan teknologi, terutama untuk penjualan dan pemasaran. Pada masa ini, diketahui ukuran bisnis tidak menjamin terhadap tingkat kesukesannya dalam bertahan dan mengalahkan kompetitor, sehingga UMKM sektor ekonomi kreatif diharapkan meraih kesempatan dalam rangka berekspansi pada pasar skala domestik dan skala internasional. Kesuksesan dalam berekspansi di area pasar global tentu memberikan benefit besar dengan indikasi keberhasilannya adalah besarnya kinerja pemasaran, dan modal intelektual (intellectual capital) yang dimiliki UMKM tersebut. Tujuan penelitian ini, untuk menganalisis korelasi secara langsung dan tidak langsung antara pemasaran digital (digital marketing) dirincikan terhadap penggunaan media sosial instagram, tiktok, serta penggunaan website terhadap volume penjualan UMKM sektor ekonomi kreatif dengan kualitas intellectual capital sebegai mediasinya. Populasi dalam penelitian adalah UMKM yang berada di Kecamatan Laweyan. Sampel penelitian ini yaitu 25 manajer personalia UMKM, dipilih menggunakan metode accidental-purposive sampling. Data primer kuantitatif penelitian ini dikumpulkan melalui survei kuesioner secara online dan offline, kemudian dianalisis memakai metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menginformasikan pemasaran digital (digital marketing) mempunyai hubungan langsung dan tidak langsung terhadap volume penjualan dengan kualitas modal intelektual sebagai variabel mediasi yang memiliki hubungan secara positif dan negatif secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-08